Prosana

Rahasia tersembunyi dari kebaikan Dark Chocolate

Who doesn’t love chocolate? Hampir semua orang dari anak-anak hingga dewasa suka cokelat. Cokelat berasal dari biji kokoa yang diolah melalui beberapa proses hingga akhirnya dapat kita konsumsi dengan rasanya yang enak dan bikin ketagihan.

Indonesia merupakan negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia. Berdasarkan hasil survei salah satu lembaga dunia, cokelat termasuk dalam 5 besar camilan favorit di Indonesia dan dilansir dari kompas.com, setiap orang di Indonesia rata-rata mengonsumsi cokelat sebanyak 300 gram per tahun. Jumlah tersebut masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia. Bahkan negara-negara Eropa mencapai 8 kg per tahun! WOW. Padahal cokelat mengandung banyak manfaat kesehatan, tapi kenapa orang Indonesia masih sedikit mengonsumsi cokelat ya? Hmm, apa mungkin karena mitos yang beredar kalo cokelat bikin gendut? Well, you will not feel guilty if you eat high quality chocolate!

Dikutip dari healthline.com dark chocolate punya banyak manfaat untuk tubuh. Dark chocolate yang berkualitas kaya akan serat, zat besi, magnesium, dan beberapa mineral penting lainnya. Selain itu, dark chocolate merupakan sumber antioksidan yang baik loh! Aktivitas antioksidan kokoa dan dark chocolate lebih baik dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Manfaat penting lainnya yaitu dark chocolate dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Berdasarkan hasil studi, mereka yang mengonsumsi cokelat memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah. FYI, dark chocolate juga bisa meningkatkan fungsi otak, karena kandungan flavanol yang tinggi pada kokoa dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Last but not least, kalo kamu mau liburan di pantai, you better consider loading up on dark chocolate in the prior weeks and months. Alasannya adalah komponen bioaktif pada dark chocolate bisa melindungi kulit kamu dari radiasi sinar matahari, meningkatkan aliran darah dan kelembaban kulit kamu loh!

Jadi, jangan ragu lagi untuk makan cokelat! Pilih cokelat dengan kandungan gula dan lemak yang relatif rendah biar ga kehilangan manfaat baik dari cokelat. Nah, untuk melengkapi camilan sehatmu, tentu kamu bisa memilih berbagai cemilan sehat dari Prosana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu! Cheers!